E-LEARNING

Kontak Info

E-Rapor Link 2

E-Rapor Dari Jaringan Internet di sekolah

Mengenal Online Learning

SMP NEGERI 1 TANGERANG

Pembelajaran di SMP NEGERI 1 Tangerang Mengacu pada kurikulum Darurat masa Covid-19

Pembelajaran di SMP Negeri 1 Tangerang mengacu pada kurikulum Darurat masa covid-19 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan akademis SMP Negeri 1 Tangerang kini lebih banyak dilakukan secara virtual karena pandemi. Seperti diketahui bersama, pandemi COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, menyebabkan adanya pembatasan sosial hingga masyarakat diimbau untuk lebih banyak beraktivitas di rumah, termasuk dalam urusan belajar.

Online Learning di SMPN 1 Tangerang, Gimana Sih?

Pada tahun akademik 2020/2021 ini, SMPN 1 Tangerang pertama kalinya menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk pembelajaran siswanya. Progam ini dihadirkan agar guru, siswa, dan orang tua tetap terhubung dan saling mendukung, terutama dalam menghadapi masa sulit akibat pandemi.

SMPN 1 Tangerang menerapkan PJJ agar pembelajaran dan kegiatan akademik siswa tetap berjalan di tengah kebijakan pembatasan sosial. Meskipun harus menerapkan pembelajaran virtual, JIS ingin siswa, guru, orang tua untuk saling bekerja sama untuk memberikan yang terbaik dalam situasi sulit seperti ini.

SMPN 1 Tangerang beruntung memiliki kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan yang bekerja keras memberikan yang terbaik kepada siswa, strategi keterlibatan dan pembelajaran aktif di sistem ini. PJJ setiap mata pelajaran berbeda, tergantung dari karakteristik matapelajarannya.

Sebagai contoh, guru mata pelajaran Matematika, IPA, Seni Budaya dan Prakarya di SMPN 1 Tangerang menggunakan metode synchron dan asynchron dengan porsi synchron lebih banyak, agar siswa tetap aktif meski pembelajaran dilakukan secara virtual. Sedangkan guru mata pelajaran P Agama, PPKn, B Indonesia, IPS, B Inggris, PJOK, menggunakan metode synchron dan asynchron, dengan porsi berimbang.

Dalam metode syncron guru mengajar dengan komunikasi virtual lagsung misalnya menggunakan zoom meeting dan google meet.

Dalam metode asynchron, guru akan memberi pelajaran dan materi pembelajaran dalam bentuk file  powerpoint, video pembelajaran, dokumen, slide, file pdf, file doc dll dalam platform yang sudah disediakan SMPN 1 Tangerang yaitu dengan LMS berupa schoology. Dengan schoology guru lebih mudah untuk merencanakan sampai dengan melaksanakan evaluasi pembelajaran.

Suksesnya PJJ di SMPN 1 Tangerang sebagian besar karena adanya kolaborasi yang baik antara kepala sekolah, guru, siswa, tenaga kependidikan dan orangtua serta komite sekolah.  Di masa pandemi saat ini, komunikasi lebih banyak dilakukan secara virtual. Oleh karena itu, SMPN 1 Tangerang terus mendorong para guru untuk berkomunikasi satu sama lain sebanyak yang mereka bisa, baik kepada orang tua maupun siswa.

Tak Hanya Pembelajaran, Aktivitas lain Juga Tetap Berjalan

Tak hanya dalam kegiatan akademis, para guru dan siswa SMPN 1 Tangerang juga tetap didorong dapat melakukan kegiatan yang mereka pilih meski secara online dan dari rumah. Bahkan aktivitas atau kegiatan mereka tetap dibimbing oleh guru pembimbing dari SMPN 1 Tangerang.

Salah satu contoh kegiatan rutin adalah kegiatan Jumat Taqwa yang dilaksakan setiap hari Jumat pagi, dilaksanakan selama kurang lebih 30 menit menggunakan media live streaming pada youtube.

Selain kegiatan tersebut siswa dapat tetap mengakses perpustakaan SMP Negeri 1 Tangerang berupa perpustakaan digital, perpustakaan tersebut bekerjasama dengan pihak ketiga. Dengan perpustakaan Digital siswa tetap dapat membaca buku koleksi dari perpustakaan SMP Negeri 1 Tangerang melalui HP ataupun komputer siswa masing-masing di rumah.

Persiapan Pembelajaran semester ke-2, seperti apa?

Sesuai SKB 4 menteri dan melalui arahan Mendikbud RI bahwa pembelajaran di semester ke-2 tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan secara tatap muka. Namun demikian SMP Negeri 1 Tangerang menunggu kebijakan Walikota Tangerang melalui Dinas Pendidikan Kota Tangerang untuk memulai pembelajaran tatap muka.

Jika SMP Negeri 1 Tangerang melaksanakan pembelajaran tatap muka diyakini belum akan normal sebelum pandemi, oleh karena itu SMPN 1 Tangerang menyiapkan “Blended Learning”, yaitu kegiatan Pembelajaran dengan menggabungkan antara pembelajaran tatap muka, e-learning dan praktek, karena diyakini masa transisi ini dalam jangka waktu yang lama. Adapun teknis pelaksanaannya akan diatur kemudian.

Demikian sekilas PJJ SMP Negeri 1 Tangerang selama masa pandemi covid-19. Terimakasih.

SMPN 1 Kota Tangerang

SMP Negeri 1 Tangerang merupakan salah satu sekolah tertua di kota Tangerang, mulai beroperasi sejak tahun 1952, Terletak di jantung ibu kota Tangerang.

Kontak Info

Alamat

Jalan Daan Mogot No. 51,
TangerangBanten

Telepon

021-5523-274

SMP NEGERI 1 TANGERANG © 2020 DESIGN BY NUSANTARA ART MEDIA